Senin, 08 Januari 2024

EMS - CP: Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) - MODUL AJAR TEKNIK OTOTRONIK - Elemen: Engine Management System dan Manajemen Motor Listrik

 

MODUL AJAR

TEKNIK OTOTRONIK

1.     Identitas Modul

a.    Nama Penyusun       : Henky Kurnia Dhany, S.T

b.    Satuan Pendidikan   : SMKN 10 Malang

c.    Mata Pelajaran        : Teknik Ototronik

d.    Fase                       : F

e.    Kelas                      : 11 dan 12 SMK

f.     Alokasi Waktu         : 4 x 6 x 45 Menit

g.    Jumlah Pertemuan   : 4 pertemuan

h.    Elemen                   Engine Management System dan Manajemen Motor Listrik (EMS)

i.     Moda                     : Tatap Muka

2.     Profil Pelajar Pancasila

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif

3.     Tujuan Pembelajaran

Memahami Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

4.     Sarana Prasarana

Papan Trainer Praktikum, Buku Paket, Modul, PC/Laptop, Infokus, Internet dan Lainnya

5.     Karakteristik Peserta Didik

Peserta didik reguler/tipikal (tanpa ketunaan dan kesulitan belajar atau berpencapaian tinggi)

6.     Materi Ajar

a. Pengertian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

b. Cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

c. Rangkaian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

d. Praktek Rangkaian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

Topik Materi 1: Klasifikasi Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Guru menyampaikan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu:

o   Menjelaskan pengertian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

o   Menjelaskan fungsi Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

o   Praktikum mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

o   Praktikum perbaikan Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

b.     Guru melakukan apersepsi dengan cara memberikan contoh tayangan Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) dari berbagai jenis mobil.

c.    Peserta didik diberikan asesmen awal, dengan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut:

No

Pertanyan

1

Apakah kalian mengetahui tentang pengertian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) ?

2

Apakah kalian mengetahui tentang cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) ?

3

Apakah kalian mengetahui tentang fungsi Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) ?

4

Apakah kalian dapat menyebutkan komponen utama

Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) ?

5

Apakah kalian mengetahui tentang cara kerja setiap komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) ?

 

Dari asesmen awal tersebut, guru melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan hasil jawaban pertanyaan tersebut dengan kriteria:

 

1)   peserta didik dikelompokkan dalam kategori belum siap bila menjawab sejumlah 0-1 pertanyaan dengan benar.

2)   peserta didik dikelompokkan dalam kategori siap bila menjawab sejumlah 2- 4 pertanyaan dengan benar.

3)   peserta didik dikelompokkan dalam kategori menguasai bila menjawab sejumlah 5 pertanyaan dengan benar.’

 

Sehingga diperoleh pengelompokan, yaitu:

Pengelompokan Peserta Didik

Belum siap

Siap

Menguasai

Peserta  didik  belum menguasai prasyarat yang diperlukan untuk mempelajari topik

Peserta   didik   sudah menguasai prasyarat yang diperlukan untuk mempelajari topik

Peserta didik sudah menguasai topik

 

Dari hasil asesmen awal, guru merancang pembelajaran berdiferensial dengan memberikan kegiatan pembelajaran diferensiasi produk sebagai berikut:

Langkah pembelajaran

Kelompok belum siap

Kelompok siap

Kelompok menguasai

Peserta didik diberikan materi prasyarat Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) dengan terbimbing diteruskan materi topik yang akan diajarkan

Pembelajaran sesuai rencana

Peserta   didik   yang    sudah menguasai dapat diberi tugas menjadi   tutor   teman   sebaya atau belajar mandiri berdasar refrensi           tentang topik selanjutnya yang       belum dikuasai atau memperluas pemahaman sesuai topik dari sumber referensi produsen kendaraan yang ada mulai dari Asia sampai Eropa secara mandiri

 

 

    Peserta didik dalam kelompok belum siap, diberikan bimbingan materi tentang dasar Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) sebagai materi prasyarat melalui pendampingan guru atau tutor sebaya.

    Peserta didik dalam kelompok siap, mengembangkan kemandirian dan kreatifitas secara mandiri dengan mencari informasi melalui berbagai sumber mengenai materi tentang Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

    Peserta didik dalam kelompok menguasai, dijadikan tutor teman sebaya bagi kelompok siap dalam diskusi kelompok, atau bisa dengan mandiri melanjutkan materi topik selanjutnya pada kriteria kentutasan yang belum dikuasai atau memperluas pemahaman sesuai topik dari sumber referensi produsen kendaraan yang ada mulai dari Asia sampai Eropa secara mandiri.

    Membentuk kelompok diskusi dengan setiap kelompok terdiri dari kelompok belum siap, kelompok siap, dan kelompok menguasai untuk mengembangkan dimensi gotong royong.

    Setiap kelompok melakukan presentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menyampaikan tanggapan.

    Guru melaksanakan asesmen proses dengan melakukan observasi ketika peserta didik berdiskusi dan presentasi.

 

Tujuan Pembelajaran

 

Indikator/ Kriteria Keberhasilan

 

Kegiatan yang Dilakukan

Kompeten

 

Sudah

Belum

Catatan: Tindakan perbaikan untuk mencapai indikator/kriteria

keberhasilan

Memahami cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

2.2.1. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok mengenai pengertian Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

2.2.2. Peserta didik mampu menjelaskan fungsi        Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam  kelompok mengenai fungsi Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

2.2.3. Peserta didik mampu mengklasifikasikan Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok

Mengenai klasifikasi Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

 

    Peserta didik yang belum menguasai seluruh indikator kriteria keberhasilan, maka dilakukan pembimbingan agar mencapai penguasan seluruh indikator kriteria keberhasilan.

    Guru memberikan penguatan materi terkait hasil penyampaian presentasi peserta didik.

    Peserta didik menerima masukan dari guru sebagai penguatan.

 

d.   Tindak lanjut

1)   Peserta didik kategori menguasai (berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang) diminta mencari literatur lainnya semisal sumber awal yang dipelajari dari Toyota atau Honda, maka bisa secara mandiri mencari referensi literatur dari Produsen kendaraan lainnya seperti: BMW, Hyundai, Wuling, dan lainnya, sebagai penambahan dan memperluas pengetahuan.

2)   Peserta didik yang belum menguasai maka diminta mempelajari ulang tentang materi dalam topik dalam bimbingan sampai dinyatakan menguasai untuk selanjutnya mengikuti topik pelajaran selanjutnya.

3)   Peserta didik diinformasikan topik selanjutnya tentang komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) untuk dipelajari mandiri.

 

e.   Refleksi

1)   Guru menanyakan kendala pada kegiatan pembelajaran.

2)   Guru menanyakan hal baru yang dipelajari dalam pembelajaran ini.

 

Topik Materi 2: Komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.     Guru menyampaikan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu:

-      Peserta didik mampu menyebutkan nama komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

-      Peserta didik mampu menunjukkan komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

b.     Guru melakukan apersepsi dengan cara menggali pengalaman peserta didik dari pembelajaran sebelumnya.

c.     Asesmen awal dilihat dari hasil asesmen proses pada pertemuan sebelumnya, sehingga diperoleh kelompok:

 

Pengelompokan Peserta Didik

Siap

Menguasai

Peserta didik sudah menguasai prasyarat yang diperlukan untuk mempelajari topik

Peserta didik sudah menguasai topik

 

Dari hasil asesmen pada pertemuan sebelumnya, guru merancang pembelajaran berdiferensial dengan memberikan kegiatan pembelajaran diferensiasi strategi sebagai berikut:

Langkah Pembelajaran

Siap

Menguasai

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana Mencari literasi terkait komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

      Guru membentuk kelompok diskusi di mana setiap kelompok terdiri dari kelompok siap dan kelompok menguasai untuk mengembangkan gotong royong.

      Guru memberikan tugas kelompok membuat peta konsep dengan topik komponen utama utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Peserta didik melakukan diskusi mengenai pembuatan peta konsep.

      Guru melaksanakan asesmen proses dengan melakukan observasi ketika peserta didik berdiskusi.

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

 

Indikator/ Kriteria Keberhasilan

 

 

Kegiatan yang Dilakukan

Kompeten

 

 

Sudah

Belum

Catatan: Tindakan perbaikan untuk mencapai indikator/ kriteria

keberhasilan

Memahami  cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

4. Peserta didik mampu menunjukkan komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok untuk dapat menunjukkan komponen utama   Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

5. Peserta didik mampu menyebutkan nama komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok mengenai nama komponen utama  Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

 

      Peserta didik membuat peta konsep tentang komponen utama Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep di depan kelas, kelompok lain menyampaikan tanggapan.

      Peserta didik menyimak penguatan dari guru terkait presentasi.

      Peserta didik menerima masukan dari guru sebagai penguatan.

 

d.     Tindak lanjut

1.     Peserta didik kategori menguasai (berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang) diminta mencari literatur lainnya semisal sumber awal yang dipelajari dari Toyota atau Honda, maka bisa secara mandiri mencari referensi literatur dari Produsen kendaraan lainnya seperti: BMW, Hyundai, Wuling, dan lainnya, sebagai penambahan dan memperluas pengetahuan.

2.     Peserta didik yang belum menguasai maka diminta mempelajari ulang tentang materi dalam topik dalam bimbingan sampai dinyatakan menguasai untuk selanjutnya mengikuti topik pelajaran selanjutnya.

3.     Peserta didik di informasikan topik selanjutnya tentang cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic) untuk dipersiapkan di rumah dipelajari mandiri.

 

e.     Refleksi

1)     Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran

2)     Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi saat pembelajaran

 

 

Topik Materi 3: Cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Langkah Pembelajaran

 

a.     Guru menyampaikan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu:

-      Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

-      Peserta didik mampu mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

b.     Guru melakukan apersepsi dengan cara menggali pengalaman peserta didik dari pembelajaran sebelumnya.

c.     Asesmen awal dilihat dari hasil asesmen proses pada pertemuan sebelumnya, sehingga diperoleh kelompok:

 

Pengelompokan Peserta Didik

Siap

Menguasai

Peserta didik sudah menguasai prasyarat yang diperlukan untuk mempelajari topik

Peserta didik sudah menguasai topik

 

Dari hasil asesmen pada pertemuan sebelumnya, guru merancang pembelajaran berdiferensial dengan memberikan kegiatan pembelajaran diferensiasi strategi sebagai berikut:

Langkah Pembelajaran

Siap

Menguasai

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana Mencari literasi terkait menjelaskan cara kerja  Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

      Guru membentuk kelompok diskusi di mana setiap kelompok terdiri dari kelompok siap dan kelompok menguasai untuk mengembangkan gotong royong

      Guru memberikan tugas kelompok membuat peta konsep dengan topik menjelaskan cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Peserta didik melakukan diskusi mengenai pembuatan peta konsep.

      Guru melaksanakan asesmen proses dengan melakukan observasi ketika peserta didik berdiskusi.

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

 

Indikator/ Kriteria Keberhasilan

 

 

Kegiatan yang Dilakukan

Kompeten

 

 

Sudah

Belum

Catatan: Tindakan perbaikan untuk mencapai indikator/ kriteria

keberhasilan

Memahami cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

6. Peserta didik mampu menjelaskan cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok untuk dapat menjelaskan cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

7. Peserta didik mampu mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok mengenai cara mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

 

      Peserta didik membuat peta konsep tentang menjelaskan cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep di depan kelas, kelompok lain menyampaikan tanggapan.

      Peserta didik menyimak penguatan dari guru terkait presentasi.

      Peserta didik menerima masukan dari guru sebagai penguatan.

 

d.     Tindak lanjut

1)     Peserta didik kategori menguasai (berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang) diminta mencari literatur lainnya semisal sumber awal yang dipelajari dari Toyota atau Honda, maka bisa secara mandiri mencari referensi literatur dari Produsen kendaraan lainnya seperti: BMW, Hyundai, Wuling, dan lainnya, sebagai penambahan dan memperluas pengetahuan.

2)     Peserta didik yang belum menguasai maka diminta mempelajari ulang tentang materi dalam topik dalam bimbingan sampai dinyatakan menguasai untuk selanjutnya mengikuti topik pelajaran selanjutnya.

3)     Peserta didik di informasikan topik selanjutnya untuk dipersiapkan di rumah dipelajari mandiri. Peserta didik menerima apresiasi dan motivasi dari guru

 

e.     Refleksi

1)     Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran

2)     Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi saat pembelajaran

 

Topik Materi 4: Memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Langkah Pembelajaran

 

a.     Guru menyampaikan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu:

-      Peserta didik mampu mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

-      Peserta didik mampu memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

b.     Guru melakukan apersepsi dengan cara menggali pengalaman peserta didik dari pembelajaran sebelumnya.

c.     Asesmen awal dilihat dari hasil asesmen proses pada pertemuan sebelumnya, sehingga diperoleh kelompok:

 

Pengelompokan Peserta Didik

Siap

Menguasai

Peserta didik sudah menguasai prasyarat yang diperlukan untuk mempelajari topik

Peserta didik sudah menguasai topik

 

Dari hasil asesmen pada pertemuan sebelumnya, guru merancang pembelajaran berdiferensial dengan memberikan kegiatan pembelajaran diferensiasi strategi sebagai berikut:

Langkah Pembelajaran

Siap

Menguasai

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana

Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana Mencari literasi terkait mendiaknosa dan memperbaiki  Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

      Guru membentuk kelompok diskusi di mana setiap kelompok terdiri dari kelompok siap dan kelompok menguasai untuk mengembangkan gotong royong

      Guru memberikan tugas kelompok membuat peta konsep dengan topik mendiaknosa dan memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Peserta didik melakukan diskusi mengenai pembuatan peta konsep

      Guru melaksanakan asesmen proses dengan melakukan observasi ketika peserta didik berdiskusi

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

 

Indikator/ Kriteria Keberhasilan

 

 

Kegiatan yang Dilakukan

Kompeten

 

 

Sudah

Belum

Catatan: Tindakan perbaikan untuk mencapai indikator/ kriteria

keberhasilan

Memahami cara kerja Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

8. Peserta didik mampu mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok untuk dapat menjelaskan cara  mendiaknosa Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

9. Peserta didik mampu memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

Mencari tahu dan berdiskusi dalam kelompok mengenai cara memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic)

 

 

 

      Peserta didik membuat peta konsep tentang menjelaskan cara mendiaknosa dan memperbaiki Engine Management System (EMS) fail safe (On Board Diagnostic).

      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep di depan kelas, kelompok lain menyampaikan tanggapan.

      Peserta didik menyimak penguatan dari guru terkait presentasi.

      Peserta didik menerima masukan dari guru sebagai penguatan.

 

d.     Tindak lanjut

1)     Peserta didik kategori menguasai (berkembang sesuai harapan dan mulai berkembang) diminta mencari literatur lainnya semisal sumber awal yang dipelajari dari Toyota atau Honda, maka bisa secara mandiri mencari referensi literatur dari Produsen kendaraan lainnya seperti: BMW, Hyundai, Wuling, dan lainnya, sebagai penambahan dan memperluas pengetahuan.

2)     Peserta didik yang belum menguasai maka diminta mempelajari ulang tentang materi dalam topik dalam bimbingan sampai dinyatakan menguasai untuk selanjutnya mengikuti topik pelajaran selanjutnya.

3)     Peserta didik di informasikan topik selanjutnya untuk dipersiapkan di rumah dipelajari mandiri. Peserta didik menerima apresiasi dan motivasi dari guru

 

e.     Refleksi

1)     Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran

2)     Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi saat pembelajaran

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Negeri 10 Malang

 

 

 

Heni Mahendrayani, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19660701 199103 2 007

 

Malang, 2 Januari 2024

Guru Mapel Produktif Ototronik

 

 

 

Henky Kurnia Dhany, S.T

19800408 201001 1 016

 

0 komentar:

Posting Komentar