Kamis, 18 Januari 2024

Praktik AC - Cara Mengganti Refrigerant (Freon) dan Cara Mengisi Oli Pada Sistem AC

Praktik AC - Cara Mengganti Refrigerant (Freon) dan Cara Mengisi Oli Pada Sistem AC

Persiapan

Pasang selang merah pada katup servis tekanan tinggi dan selang katup biru pada katup servis tekanan rendah.


Baca hasil pada Manifold Gauge saat AC mati (Standar: sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah sama 5-8 kg/cm2)


Baca hasil pada Manifold Gauge saat sistem AC menyala (Standar: sisi tekanan rendah 1,5 - 2,0 kg/cm2, sisi tekanan tinggi 14,5 - 15 kg/cm2)


Periksa gelembung pada sight glass pada filter AC. Yang baik kadang bersih terkadang bergelembung.



Pengosongan Refrigerant pada Sistem AC

Buka berlahan katup tekanan tinggi kemudian katup tekanan rendah. Zat refrigerabt akan keluar dari selang kuning, jangan sampai oli keluar, jika keluar bererti membukanya terlaku besar. Beri kain lap pada ujung selang kuning untuk mengamati keluar tidaknya oli. Lakukan pengosongan hingga gauge mnunjukkan angka 0 kg/cm2 pada tekanan rendah dan tinggi.



Pemvakuman pada Sistem AC

Menyiapkan pompa vakum. Pasang selang kuning ke pompa vakum


Sistem AC masih dalam keadaan tidak aktif. 
Nyalakan pompa vakum, buka katup tekanan rendah dan katup tekanan tinggi sehingga pada sisi tekanan rendah menunjukkan angka di bawah nol. Proses pemvakuman sekitar 10 menit.



Setelah itu, tutup sisi tekanan rendah dan sisi tekanan tinggi, dan matikan pompa vakum.
Pastikan jarum tidak menunjukkan angka nol. Jika menunjukkan angka nol, berarti ada kebocoran.

Penambahan Oli pada Sistem AC

Untuk isi ulang refrigerant dibutuhkan 30 cc oli


Lepas selang tekanan rendah pada manifold gauge, dan masukkan ke wadah yang ada olinya 30 cc


Hidupkan pompa vakum dan buka katup sisi tekanan tinggi, sehingga semua oli terhisap masuk ke dalam sistem AC (pastikan katup tekanan rendah tertutup).


Setelah selesai tutup katup tekanan tinggi, matikan pompa vakum, dan pasang kembali selang tekanan rendah pada manivold gauge.


Proses Pemvakukman sebelum Pengisisan Refrigerant

Saat pengisian oli dimungkinkan udara ikut terhisap, maka perlu dilakukan pemvakuman ulang.

Pasang kembali selang manifold gauge warna kuning pada pompa vakum, lalu hidupkan pompa vakum.


Buka kembali katup tekanan tinggi dan rendah hingga sekitar 10 menit. Periksa pembacaan kevakuman pada pada sisi tekanan rendah, jarum di bawah angka nol.


Setelah sekitar 10 menit, tutup rapat katup tekanan rendah dan tinggi, serta matikan pompa vakum. Dan pastikan jarum tidak kembali ke angka nol (Jika kembali berarti ada kebocoran).

Pengisian Refrigerant pada Sistem AC

Siapkan tabung refrigerant, perhatikan bahwa bagian atas tabung berisi gas dan bagian bawah berisi cairan.


Cara 1
Pengisian Refrigerant dari Sisi Tekanan Tinggi

Catatan: Pastikan mesin dalam keadaan mati, refrigerant yang dimasukkan wujidnya cair

Pasang selang warna kuning pada tabung refrigerant.


Tabung refrigerant dibalik agar refrigeran berwujud cair berada pada bagian katup/kran tabung, setelah itu buka kran tabung refrigerant.


Buka katup sisi tekanan tinggi secara berlahan, namun yang diperhatikan adalah jarum pada sisi tekanan rendah agar mencapai 1,5 -  2,0 kg/cm2. Selah itu tutup kembali katup sisi tekanan tinggi.

Cara 2
Pengisian Refrigerant dari Sisi Tekanan Rendah

Catatan: 
  • Mesin dalam kondisi hidup
  • Switch blower dan suhu diputar maksimum
  • Putaran mesin ditahan di 2000 rpm
  • Refrigeran yang dimasukkan wujudnya gas (kran tabung refrigeran di posisi atas)

Buka katup sisi tekanan rendah secara perlahan, namun yang dilihat katup sisi tekanan tinggi hingga 14,5 - 15 kg/cm2. Setelah itu tutup katup sisi tekanan rendah


Periksa jumlah refrigerant pada sight glass



CATATAN:
Bisa menggunakan cara 1, cara 2, atau perpaduan keduanya, sehingga didapatkan hasil pada Manifold Gauge saat sistem AC menyala sesuai standar: sisi tekanan rendah 1,5 - 2,0 kg/cm2, sisi tekanan tinggi 14,5 - 15 kg/cm2.


Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=xbQagOT7Toc&t=12s


















 














0 komentar:

Posting Komentar